Menu

Mode Gelap
Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Dengar Aspirasi Warga Tanah Kali Kedinding Saat Jum’at Curhat Tim Jihandak Brimob Polda Jatim Evakuasi Temuan Granat Nanas Di Desa Talkandang Situbondo Patroli Samapta Berbagi Bantu 20 Sak Semen Untuk Pembangunan Masjid At Taqwa Situbondo 950 Personel Gabungan Diterjunkan, Polrestabes Surabaya Amankan Demo Ojol Berkas Penggelapan Honor BPD Karang Gayam Masuk Kejari, L-KPK Apresiasi Kinerja Polres Sampang

Jawa Timur · 13 Agu 2024 16:40 WIB ·

Pj Bupati Pasuruan Instruksikan Perusahan Kelola Limbah Sesuai Aturan


 Pj Bupati Pasuruan Instruksikan Perusahan Kelola Limbah Sesuai Aturan Perbesar

Jawa Timur, Potretrealita.com – Saat meninjau Sungai Wangi atau biasa disebut Kali Wangi, Pj Bupati Pasuruan Andriyanto menginstruksikan kepada seluruh perusahaan yang tersebar di wilayah Kabupaten Pasuruan agar benar-benar mengelola limbah sesuai aturan, untuk mengurangi potensi pencemaran sungai.

Dikutip dari laman resmi Pemkab Pasuruan hari ini, Senin ( 12/8/2024), Dalam kegiatan monitoring kondisi sungai yang berlokasi di Desa Baujeng, Kecamatan Beji tersebut disampaikan tentang mekanisme pengelolaan limbah ramah lingkungan yang wajib ditaati oleh perusahaan dan dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

“Kami minta semua perusahaan supaya mengelola limbahnya sesuai aturan. Jangan sampai mencemari lingkungan. Juga dapat memberikan dukungannya terhadap lingkungan disekitarnya melalui program CSR. Skala prioritasnya ditujukan untuk pengelolaan lingkungan hidup,” ujarnya. 

Andryanto juga meminta kepada masyarakat agar turut-serta menjaga kebersihan lingkungan dan sungai pada khususnya dengan mengelola sampah dan limbah rumah tangga secara bijaksana.

Kunjungan yang dilakukan bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasuruan, Taufiqul Ghoni dan perwakilan Muspika Kecamatan Pandaan dan Kecamatan Beji tersebut merupakan kegiatan Program Kali Bersih (PRO KASIH). Hal itu merupakan tindaklanjut dari hasil kesepakatan dan intervensi awal yang telah dilaksanakan oleh 16 perusahaan di daerah sekitar Pandaan dan Beji terhadap kondisi Kali Wangi.

Dari pengaduan warga dan aksi protes yang dilakukan warga setempat disampaikan bahwa  kondisi Kali Wangi berbau dan berwarna. Pemerintah Kabupaten Pasuruan telah melakukan uji laboratorium terhadap air Kali Wangi. Hasilnya akan diketahui dalam interval waktu antara 2-3 minggu ke depan. Untuk kemudian akan diambil kebijakan selanjutnya. (gus) 

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

LSM Trinusa Bekasi Temukan Dugaan Penyalahgunaan Wewenang Dalam Pemkab Bekasi

16 September 2024 - 02:27 WIB

Kronologis Ricuhnya Antar Pengunjung Cafe Alcatraz

15 September 2024 - 07:04 WIB

Wushu Jatim Bawa Dua Emas di Wingchun Butterfly Sword Putra dan Putri

14 September 2024 - 13:25 WIB

Cooling System, Polrestabes Surabaya Perkuat Harmoni Jelang Pilkada 2024 Lewat “Jum’at Curhat” dan Bansos

14 September 2024 - 09:51 WIB

Polres Blitar Kota Berhasil Ungkap Kasus Narkoba, Ribuan Butir Okerbaya dan Tersangka Diamankan

14 September 2024 - 03:25 WIB

Bareskrim Gerebek Lokasi Percetakan Uang Palsu

14 September 2024 - 03:21 WIB

Trending di Hukum