Menu

Mode Gelap
Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Dengar Aspirasi Warga Tanah Kali Kedinding Saat Jum’at Curhat Tim Jihandak Brimob Polda Jatim Evakuasi Temuan Granat Nanas Di Desa Talkandang Situbondo Patroli Samapta Berbagi Bantu 20 Sak Semen Untuk Pembangunan Masjid At Taqwa Situbondo 950 Personel Gabungan Diterjunkan, Polrestabes Surabaya Amankan Demo Ojol Berkas Penggelapan Honor BPD Karang Gayam Masuk Kejari, L-KPK Apresiasi Kinerja Polres Sampang

Kriminal · 19 Sep 2023 10:30 WIB ·

Penipuan Berkedok Pondok Pesantren Dilaporkan Ke Polisi


 Penipuan Berkedok Pondok Pesantren Dilaporkan Ke Polisi Perbesar

Mojokerto, Potretrealita.com – Inilah tampang Gus AW warga Dusun Sembani, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto Jawa Timur. Pemuda yang mengaku sebagai pimpinan Pondok Pesantren Baitullah tersebut banyak melakukan penipuan dengan menggunakan pembangunan Pondok.

Pemuda yang saat ini sudah di adukan ke Polrestabes Surabaya lantaran melakukan penipuan dengan modus mengelabui korban dengan alasan untuk pembangunan pondok. Seperti yang dialami Suyono warga Dukuh Setro Surabaya pada tahun 2020 silam.

Suyono yang merupakan jamaah pengajian ditipu oleh Gus AW dengan tipu muslihat untuk menggadaikan surat rumahnya yang di Bank BRI.

“Saat itu, saya secara tidak sadar nurut apa yang dimintak oleh Gus AW mas,” terang Suyono kepada wartawan

Untuk kronologisnya, sambung Suyono, sehabis ikut pengajiannya, saya dimintain tolong minjam uang sebesar Rp.150.000.000 (seratus lima puluh juta rupiah).

“Karena saya tidak mempunyai uang, Gus AW memintak supaya saya menggadaikan surat rumah ke bank dengan janji dia yang akan membayar cicilannya. Lalu saya mengikuti saja perintahnya, seperti orang yang tidak sadar,” jelasnya.

Namun, masih lanjut Suyono, cicilan sudah dapat beberapa bulan, Gus AW sudah tidak membayar lagi. Sehingga saya di tegur oleh pihak bank dan takut rumah saya disita mas.

“Saya berupaya mendatangi Pondok Pesantren Baitullah dengan Ormas Aldera didampingi kepala desa, Gus AW berjanji akan melunasi sampai-sampai membuat surat penyataan. Namun hingga waktu yang sudah ditentukan sendiri oleh Gus AW malah dilanggar sendiri,” jelasnya.

Oleh karena itu, sambung Suyono, saya selaku korban penipuan oleh Gus AW, menghimbau kepada masyarakat supaya berhati-hati dengan Gus AW ini.

“Soalnya, sudah banyak korban yang di tipu oleh Gus AW dengan mengatas namakan pembangunan Pondok Pesantren,” ungkapnya. (Redaksi)

Artikel ini telah dibaca 11 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kadivhumas Sampaikan Apresiasi Kapolri ke Anggota yang Jadi Penggali Kubur

8 September 2024 - 02:32 WIB

Polres Probolinggo Kota Berhasil Ungkap 21 Kasus Tindak Kriminal Selama Tiga Bulan Terakhir

8 September 2024 - 02:25 WIB

L-KPK Minta Kapolda Jatim Evaluasi Kinerja Satreskrim Polres Sampang, Atas Kasus Dugaan Korupsi Yang Mangkrak

5 September 2024 - 11:11 WIB

PON XXI Sumut-Aceh 2024, Futsal Jatim Siap Hadang Sumut

5 September 2024 - 11:04 WIB

BPBD Jatim Support Kontingen Tim Bola Voli Pantai PON XXI Aceh-Sumut 2024

5 September 2024 - 10:58 WIB

Pelayanan SRUT Terhambat, Pengusaha Moda Transportasi Menjerit

5 September 2024 - 10:52 WIB

Trending di Nasional