Menu

Mode Gelap
Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Dengar Aspirasi Warga Tanah Kali Kedinding Saat Jum’at Curhat Tim Jihandak Brimob Polda Jatim Evakuasi Temuan Granat Nanas Di Desa Talkandang Situbondo Patroli Samapta Berbagi Bantu 20 Sak Semen Untuk Pembangunan Masjid At Taqwa Situbondo 950 Personel Gabungan Diterjunkan, Polrestabes Surabaya Amankan Demo Ojol Berkas Penggelapan Honor BPD Karang Gayam Masuk Kejari, L-KPK Apresiasi Kinerja Polres Sampang

Jawa Timur · 17 Agu 2024 14:41 WIB ·

Tiga Tampilan Meriahkan Peringatan HUT Ke 79 RI di Gedung Negara Grahadi


 Tiga Tampilan Meriahkan Peringatan HUT Ke 79 RI di Gedung Negara Grahadi Perbesar

Jawa Timur, Potretrealita.com – Peringatan Hari Ulang Tahun ke 79 Republik Indonesia di Gedung Negara Grahadi yang berlangsung hari ini, Sabtu (17/8/2024) berlangsung sangat meriah dengan menghadirkan tiga penampilan yang berbeda, yakni tarian kolosal Pawitra Suci, Paduan Suara “Jawa Timur Youth Orchestra” dan penampilan drumband SMAN 3 Taruna Angkasa Madiun Jawa Timur.

Tarian Pawitra Suci, menurut Sang Sutradara, Abing Santoso,  berkonsep kolaborasi yang mengusung etnis Jawa Timur dari beberapa suku yang ditampilkan dengan atraktif. Di dalamnya ada unsur gamelan dan musik barat sehingga tampil kekinian. Tarian ini dibawakan oleh 300 penari yang merupakan gabungan dari beberapa sanggar, antara lain Mulio Joyo Enterprise, Candra Menganti, Arbaya, Sakalendra dan Kuwung Wetan serta SMKN 12 Surabaya dan STKW Surabaya. 

Tarian ini menggambarkan, gunung yang merupakan keagungan bumi. Gunung melahirkan kearifan manusia di abad selanjutnya dan pendakian manusia-manusia unggul merupakan puncak dari kearifannya. Sedangkan Pesona teratai ialah Simbol kelahiran dan penciptaan, serta simbol kearifan Nirwana yang begitu kuat dan kasih tulus merupakan arang-arang kehidupan untuk menciptakan generasi yang mampu menghadirkan kebaharuan.

“Jika mimpi adalah benih maka kaulah tanahnya, jika mimpi adalah bibit, maka berjuang ialah pupuknya dan, kobaran semangat adalah mataharinya, Aku sang ibu bumi, pada jantung bumi tercinta ini tanganku memahatkan garis sakti Bumi Pawitra Suci” demikian bungi sinopsis dari skenario tari.
Tarian ini di komposeri oleh Joko Susilo M.Sn,  dengan Art Director Suwandi Widianto, M.Sn, dengan Koreografer Dea Wahyunisa S,sn , Dinda diana S,Sn,Romi Romansyah S,sn, Rizkyo Diwa.

Jawa Timur Youth Orchestra, paduan suara binaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, juga ikut andil dalam kegiatan ini dengan mempersembahkan lagu – lagu perjuangan dan merupakan  paduan suara gabungan dari siswa SMA Negeri 17 Surabaya, SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo, SMA Katolik St. Louis 1 Surabaya  dan Universitas Katolik Darma Cendekia dan Asrama Mahasiswa Nusantara (Gabungan Mahasiswa se – Indonesia).

Lennie Purwaningsih, Praktisi Musik sekaligus Koordinator pelatih mengatakan, untuk  kegiatan Perayaan HUT ke 79 RI ini ada dua Konduktor, yakni Otniel Simangunsong, SM, dan Onny Prihantono, S.Sn.

“Sedangkan lagu – lagu yang dibawakan antara lain Bagimu Negeri, Hari Merdeka, Dirgahayu Indonesia, Kharisma Indonesia, Lamunan, Dangdut Is The Music Of My Country, Nyanyian Negeriku,” tambahnya.

Sedangkan Drumband Gita Taruna Angkasa dari  SMAN Taruna Angkasa Madiun,  tampil luar biasa dan totalitas untuk memberikan pertunjukan drumband terbaiknya di Peringatan HUT RI ke 79 Republik Indonesia di Gedung Negara Grahadi yang juga dihadiri oleh masyarakat umum ini. (gus)

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

LSM Trinusa Bekasi Temukan Dugaan Penyalahgunaan Wewenang Dalam Pemkab Bekasi

16 September 2024 - 02:27 WIB

Kronologis Ricuhnya Antar Pengunjung Cafe Alcatraz

15 September 2024 - 07:04 WIB

Wushu Jatim Bawa Dua Emas di Wingchun Butterfly Sword Putra dan Putri

14 September 2024 - 13:25 WIB

Cooling System, Polrestabes Surabaya Perkuat Harmoni Jelang Pilkada 2024 Lewat “Jum’at Curhat” dan Bansos

14 September 2024 - 09:51 WIB

Polres Blitar Kota Berhasil Ungkap Kasus Narkoba, Ribuan Butir Okerbaya dan Tersangka Diamankan

14 September 2024 - 03:25 WIB

Bareskrim Gerebek Lokasi Percetakan Uang Palsu

14 September 2024 - 03:21 WIB

Trending di Hukum