Menu

Mode Gelap
Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Dengar Aspirasi Warga Tanah Kali Kedinding Saat Jum’at Curhat Tim Jihandak Brimob Polda Jatim Evakuasi Temuan Granat Nanas Di Desa Talkandang Situbondo Patroli Samapta Berbagi Bantu 20 Sak Semen Untuk Pembangunan Masjid At Taqwa Situbondo 950 Personel Gabungan Diterjunkan, Polrestabes Surabaya Amankan Demo Ojol Berkas Penggelapan Honor BPD Karang Gayam Masuk Kejari, L-KPK Apresiasi Kinerja Polres Sampang

Jawa Timur · 28 Jul 2024 18:33 WIB ·

Sepuluh Koperasi di Kabupaten Pasuruan Sudah UKK


 Sepuluh Koperasi di Kabupaten Pasuruan Sudah UKK Perbesar

Jawa Timur, Potretrealita.com – Sebanyak 10 koperasi dari 226 Koperasi di Kabupaten Pasuruan sudah melaksanakan Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) bagi para pengurusnya dan pengawas koperasi oleh Dinas Koperasi Kabupaten Pasuruan. 

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kabupaten Pasuruan, Tri Krisni Astuti mengatakan, pelaksanaan uji kelayakan ini merupakan tindak lanjut dari Permenkop nomor 8 tahun 2023 tentang usaha simpan pinjam koperasi.

Dalam peraturan tersebut dijelaskan bahwa salah satu persyaratan bagi anggota untuk dapat dipilih menjadi pengurus dan pengawas koperasi adalah memiliki surat keterangan lulus uji kelayakan dan kepatutan yang dikeluarkan oleh Menteri, gubernur, atau bupati/walikota sesuai dengan kewenangannya.

“Sekarang kami laksanakan uji kepatutan dan kelayakan bagi pengurus koperasi. Karena tidak serta milih mereka dipilih dan jadi, tapi diuji, dan itu sudah kita lakukan secara berkelanjutan,” kata Krisni di sela-sela Peringatan Hari Koperasi Nasional ke 77 di Lapangan Desa Gayam, Kecamatan Gondangwetan, Jumat (26/7/2024).

Pelaksanaan UKK di Kabupaten Pasuruan ternyata diacungi jempol oleh Pemprov Jatim. Kata Krisni, Kabupaten Pasuruan menjadi daerah paling aktif di Jawa Timur yang melaksanakan UKK. Sebab output kegiatan tersebut berupa surat pemberitahuan dari Dinas Koperasi UKM Kabupaten Pasuruan bahwa pengurus maupun pengawas direkomendasi atau tidak.  

“Di Jawa Timur, Insya allah kita paling gercep melaksanakan UKK karena memang outputnya sangat bagus,” ujarnya.

Dengan uji kompetensi ini, Krisni berharap kepada para pengurus dan pengawas dapat memiliki kemampuan yang sesuai dengan tuntutan dan standar yang dibutuhkan dalam mengelola koperasi secara efektif.

UKK dapat menjadi upaya untuk meningkatkan profesionalisme dalam pengelolaan koperasi. Khususnya demi tercapainya tujuan yang lebih baik bagi kesejahteraan anggota koperasi dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Pj Bupati Pasuruan, Andriyanto menitipkan pesan penting untuk seluruh koperasi di Kabupaten Pasuruan. Yakni memahami bahwa koperasi adalah soko guru perekonomian di Indonesia.

Oleh sebab itu, koperasi di jaman sekarang harus segera melakukan konsolidasi, akselerasi dan eskalasi agar perannya semakin strategis. 

“Peringatan ke-77 tahun Hari Koperasi kali ini, menjadi penting untuk merefleksikan bagaimana agar peran koperasi semakin strategis dalam menjawab tantangan krisis dan ketidakpastian khususnya untuk mempercepat ikhtiar kebangsaan keluar dari ‘middle income trap’,” tegasnya. (gus)
 
 

Artikel ini telah dibaca 9 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

LSM Trinusa Bekasi Temukan Dugaan Penyalahgunaan Wewenang Dalam Pemkab Bekasi

16 September 2024 - 02:27 WIB

Kronologis Ricuhnya Antar Pengunjung Cafe Alcatraz

15 September 2024 - 07:04 WIB

Wushu Jatim Bawa Dua Emas di Wingchun Butterfly Sword Putra dan Putri

14 September 2024 - 13:25 WIB

Cooling System, Polrestabes Surabaya Perkuat Harmoni Jelang Pilkada 2024 Lewat “Jum’at Curhat” dan Bansos

14 September 2024 - 09:51 WIB

Polres Blitar Kota Berhasil Ungkap Kasus Narkoba, Ribuan Butir Okerbaya dan Tersangka Diamankan

14 September 2024 - 03:25 WIB

Bareskrim Gerebek Lokasi Percetakan Uang Palsu

14 September 2024 - 03:21 WIB

Trending di Hukum