Menu

Mode Gelap
Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Dengar Aspirasi Warga Tanah Kali Kedinding Saat Jum’at Curhat Tim Jihandak Brimob Polda Jatim Evakuasi Temuan Granat Nanas Di Desa Talkandang Situbondo Patroli Samapta Berbagi Bantu 20 Sak Semen Untuk Pembangunan Masjid At Taqwa Situbondo 950 Personel Gabungan Diterjunkan, Polrestabes Surabaya Amankan Demo Ojol Berkas Penggelapan Honor BPD Karang Gayam Masuk Kejari, L-KPK Apresiasi Kinerja Polres Sampang

Jawa Timur · 26 Jun 2024 12:58 WIB ·

Diskominfo Jatim Gelar Bimtek Jabatan Fungsional Pranata Humas


 Diskominfo Jatim Gelar Bimtek Jabatan Fungsional Pranata Humas Perbesar

Jatim, Potretrealita.com – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Timur mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) pada ASN dengan jabatan fungsional pranata humas di lingkungan pemerintah provinsi serta kabupaten/kota di Jatim, secara virtual, Rabu (26/6/2024).

Kegiatan yang diikuti kurang lebih 250 peserta ini membahas mengenai Penilaian Kinerja Pegawai (SKP) Jabatan Fungsional Pranata Humas (JFPH) ke dalam Penetapan Angka Kredit Konversi  Tahun 2024.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi (IKP) Diskominfo Jatim, Putut Darmawan, mewakili Kadis Kominfo Jatim, menyampaikan, bahwa saat ini jumlah pranata humas di Jawa Timur berjumlah 235 orang yang terdiri  36 orang prahum dari lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan 199 orang prahum dari Pemerintah Kabupaten dan Kota di Jawa Timur.

Dari jumlah itu, tercatat hasil penyetaraan ada 149 orang, dan pranata humas murni 86 orang. Dengan rincian pranata humas terampil ada 8 orang, pranata humas mahir 4 orang, pranata humas penyelia 3 orang, pranata humas ahli pertama 54 orang pranata humas ahli muda 158 orang dan pranata humas ahli madya 5 orang.

Dijelaskan Putut, dalam pelaksanaan kegiatan yang dilakukan oleh pejabat fungsional pranata humas tentunya harus mengacu pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 6 Tahun 2014 tentang jabatan fungsional pranata hubungan masyarakat (Prahum) dan angka kreditnya. Selanjutnya dalam pelaksanaan penilaian angka kredit berbasis Sasaran Kinerja Pegawai (SKP).

Hal itu diperlukan agar keberadaan pejabat fungsional pranata humas dapat dipastikan memiliki kontribusi nyata terhadap kinerja lembaga, sekaligus menjalankan aktivitas sebagai jabatan fungsional yang mandiri.

Untuk itu diperlukan kesepahaman antara penilai kinerja dan pendukung kinerja/pranata humas dalam mempersepsikan tugas pokok dan fungsi yang tertuang dalam SKP sesuai dengan butir-butir kegiatan. Dengan demikian, apa yang telah dilaksanakan dan dituangkan ke dalam laporan kegiatan akan menghasilkan nilai yang sesuai dengan kompetensi yang dimiliki.

“Oleh karenanya maksud dan tujuan adanya bimtek mengenai Penilaian Sasaran Kinerja Pegawai Jabatan Fungsional Pranata Humas ke Dalam Penetapan Angka Kredit Konversi ini adalah tidak hanya penilaian. Tetapi juga meningkatkan kompetensi, dan meningkatkan pemahaman, koordinasi dan sinkronisasi,” terang Putut.

Sementara itu, Direktur tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik, Kemkominfo RI, Hasyim Gautama, saat menjadi narasumber, menyampaikan, layanan kehumasan di Dinas Komunikasi dan Informatika bagian Humas menjadi tugas yang sentral dalam era digital ini. Oleh karenanya, diperlukan kolaborasi melalui aplikasi simphoni agar bisa melakukan konversi dan uji kompetensi secara kapanpun dan dimanapun.

Hasyim pun mengimbau mengenai angka kredit dan konversi SKP, agar setiap pranata humas tidak ragu mendapat challenge, karena itu akan menjadi portofolio dan memudahkan untuk naik jabatan.(gus)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Badko HMI Jatim Ingatkan Presiden Prabowo Tentang Berantas Korupsi

21 Oktober 2024 - 14:37 WIB

Polres Gresik Gerak Cepat Amankan Oknum Pesilat Pengeroyok Pedagang Pentol di Menganti

21 Oktober 2024 - 14:30 WIB

Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Tegaskan Netralitas Polri dan ASN dalam Pilkada Serentak 2024

21 Oktober 2024 - 14:26 WIB

Sugeng Sp Pimpin LSM GMBI Jatim Hadiri Pelantikan Presiden Dan Wakil Presiden

21 Oktober 2024 - 04:36 WIB

Masyarakat Kabupaten Sampang Dukung Penuh Paslon Nomor Urut 1

20 Oktober 2024 - 05:09 WIB

Polres Ponorogo Berhasil Amankan Tersangka Pencuri yang Pukul Korban Pakai Kunci Inggris

20 Oktober 2024 - 04:53 WIB

Trending di Hukum