Menu

Mode Gelap
Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Dengar Aspirasi Warga Tanah Kali Kedinding Saat Jum’at Curhat Tim Jihandak Brimob Polda Jatim Evakuasi Temuan Granat Nanas Di Desa Talkandang Situbondo Patroli Samapta Berbagi Bantu 20 Sak Semen Untuk Pembangunan Masjid At Taqwa Situbondo 950 Personel Gabungan Diterjunkan, Polrestabes Surabaya Amankan Demo Ojol Berkas Penggelapan Honor BPD Karang Gayam Masuk Kejari, L-KPK Apresiasi Kinerja Polres Sampang

Bangkalan · 1 Okt 2023 12:23 WIB ·

Ketua APMP Jatim Berikan Pandangan Terkait Hari Kesaktian Pancasila


 Ketua APMP Jatim Berikan Pandangan Terkait Hari Kesaktian Pancasila Perbesar

BANGKALAN | potretrealita.com, – Setiap Tanggal 1 Oktober, bangsa Indonesia merayakan Hari Kesaktian Pancasila.Sebuah momen penting yang berkaitan erat dengan peristiwa bersejarah Gerakan 30 September tahun 1965.

Pada malam 30 September 1965, terjadi penculikan dan pembunuhan sejumlah anggota militer, yang kemudian dikenal sebagai Gerakan 30 September,Peristiwa ini menjadi ujian besar bagi Pancasila sebagai dasar negara.

Menurut Acek Kusuma Ketua Aliansi Pemuda dan Mahasiswa Peduli (APMP) Jawa Timur bahwa setiap tanggal 1 Oktober kita mengenang dan menjadikan referensi sejarah bagi pemuda pemudi bangsa Indonesia. Dari hal tersebut dapat menjadi bekal anak muda Indonesia untuk menghadapi dinamika kebangsaan.

“Sudah menjadi sebuah keharusan bagi para anak bangsa, para pendiri bangsa Indonesia mencetuskan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa dan sejak kelahirannya sampai hari ini Pancasila adalah kekuatan kita untuk berjuang membangun cita-cita kita,” ungkap Acek, Minggu (01/10/2023).

Dikatakan oleh Acek, Pancasila menjadi pengingat bahwa di tengah semua situasi dan kondisi, kedaulatan Indonesia berdasar pada keadilan sosial dan persatuan seluruh lapisan masyarakat. Oleh karena itu, merefleksikan kembali nilai-nilai Pancasila pada hari ini merupakan awal yang baik untuk menyatukan cita-cita dan langkah kita ke depan.

“Mari kita belajar dari peristiwa sejarah dan sudah saatnya, seluruh anak bangsa senantiasa disadarkan untuk terus menjaga ikatan kebangsaan dan mencegah retaknya semangat persatuan,” jelasnya.

Selain itu Ketua APMP Jatim menuturkan bahwa ada perjuangan panjang yang harus terus diingat oleh setiap generasi dan menjadi cermin dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara.

Lebih lanjut Acek menjelaskan, Peringatan Hari Kesaktian Pancasila dilakukan sehari setelah peringatan pemberontakan Gerakan 30 September atau G-30-S. Tujuannya untuk mengingat jasa Pahlawan Revolusi, korban pengkhianatan G-30-S yang ingin menghancurkan Pancasila.

“Hari Kesaktian Pancasila memiliki beberapa makna yang cukup dalam yakni diantaranya sebagai penghormatan terhadap seluruh pahlawan yang berguguran dalam melakukan tugasnya untuk melindungi Pancasila. Kemudian dijadikan sebagai ajang untuk mengingat perjuangan pahlawan sebagai usaha untuk membentengi peranan pancasila sebagai dasar negara serta sebagai ideologi bangsa danyang makna yang terakhir, yaitu untuk meningkatkan kembali rasa nasionalisme dan patriotisme yang mulai luntur,” tandasnya.

“Lalu apa bedanya Hari Kesaktian Pancasila dengan Hari Lahir Pancasila? Jika Hari Kesaktian Pancasila berkaitan erat dengan peristiwa Gerakan 30 September. Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni ini ditujukan untuk memperingati 5 dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia yaitu Pancasila,” pungkas Acek menegaskan.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Berikut Klarifikasi Kanit Reskrim Polsek Gudo Terkait Informasi Terima Suap

26 Oktober 2024 - 13:03 WIB

Oknum Polsek Gudo Diduga Terima Uang Rp. 30 Juta Untuk Hentikan Perkara Pengedar Sabu

26 Oktober 2024 - 10:45 WIB

Ops Zebra Semeru 2024 Polisi Gelar Doa Bersama di Jalur Rawan Laka Lantas di Sidoarjo

26 Oktober 2024 - 09:54 WIB

Senyum Bahagia Pemilik Motor Setelah Motor yang Digelapkan Pelaku Dikembalikan Satreskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak

26 Oktober 2024 - 09:50 WIB

PN Jaksel Tolak Gugatan Praperadilan Bupati Situbondo, Karna Suswandi Tetap Tersangka Korupsi

25 Oktober 2024 - 15:46 WIB

Polda Jatim Siap Kawal dan Amankan Pendistribusian Surat Suara Pilkada 2024

25 Oktober 2024 - 04:34 WIB

Trending di Hukum